Sabtu, 30 November 2013

Hal-hal yang wajib dikelola dalam bisnis server pulsa

Kini sudah sangat banyak berkembang bisnis dalam penjualan pulsa dengan menggunakan server pulsa yang sering dikenal dengan Multi Chip. Ya sangat banyak kemudahan yang diberikan ketika kita menjual pulsa dengan multi chip karena akan dapat menghemat biaya dalam pembelian HP dan pendaftaran juga lebih mudah.

Bagi para pemilik server, pastinya ini menjadi lahan bisnis yang luar biasa untuk dikembangkan. namun untuk menjaga kualitas dan kepercayaan para agennya serta pengembangan jaringan server maka terdapat beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan dan dikelola secara baik yaitu:

1. Mengelola SDM yang Jujur & Kompeten
Anda tidak mungkin menjalankan usaha ini sendirian. Kebanyakan bisnis server pulsa mengalami masalah dalam merekrut SDM yang jujur dan kompeten. Akibatnya, banyak kebocoran dan penyelewengan. Selain itu, server pulsa yang dijalankannya sulit berkembang karena tidak menguasai operasional. Rekrut SDM yang jujur dan memiliki kompetensi yang dibutuhkan.
Kami pernah mengelola SDM yang tidak jujur dan tidak kompeten. Percayalah Anda tidak akan senang bekerja dengan mereka.

2. Mengelola Cashflow supaya Lancar dan Sehat
Nasihat paling ampuh yang pernah saya dapatkan: Cashflow is King. Apapun jenis bisnisnya, Cashflow adalah raja. Begitupun di bisnis server pulsa. Percuma mengeruk transaksi dalam jumlah banyak kalau cashflownya tidak lancar akibat salah urus dan macet di luar. Tanpa cashflow yang lancar, Anda tidak akan mendapatkan supply yang kontinyu. Selain itu jika sebagian besar modal Anda berasal dari hutang deposit, hal ini akan meningkatkan resiko terjadinya rush/penarikan saldo besar-besaran.

3. Mengelola Inventori dengan Tepat agar Supply Kontinyu
Mengurus bisnis server pulsa berbeda dengan menjadi master/agen. Sebab wajib mengelola inventori yang bermacam-macam dengan nominal bermacam-macam. Salah urus, uang Anda akan macet di inventori yang tidak laku dan akhirnya harus diobral murah. Jika tidak dikontrol, stok Anda akan mengalami kebocoran akibat transaksi ilegal dari dalam maupun dari luar. Gunakan kartu stok yang sederhana untuk mengontrol pergerakan stok di server pulsa Anda.

4. Mengelola Pelanggan dengan Tepat
Di bisnis server pulsa, kita tidak mungkin bisa masuk ke semua segmen pelanggan. Pilih segmen pelanggan atau target market yang sesuai dengan konsep bisnis yang kita pakai. Salah memilih segmen pelanggan akan menyebabkan penolakan dari calon pelanggan. Setelah menjadi pelanggan, perhatikan kebutuhannya. Karena kita tidak mungkin memenuhi keinginan semua orang, kita dapat memenuhi kebutuhan sebagian orang yang benar-benar penting.

5. Mengelola Piutang dengan Bijaksana
Di bisnis server pulsa, kita lazim melihat server pulsa yang memberikan piutang sebagai daya tariknya. Tujuan memberi piutang kepada Master/Agen adalah baik HANYA jika itu dilakukan untuk menaikkan transaksi. Jika piutang yang Anda berikan tidak menimbulkan kenaikan transaksi, jangan berikan piutang. Jika Anda memberi piutang untuk melakukan akuisisi tanpa adanya kenaikan transaksi, Anda akan meningkatkan resiko besarnya piutang tak tertagih. Ini menyebabkan kerugian jangka panjang dan macetnya cashflow.

Penelusuran yang terkait dengan jenis jenis server pulsa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar